Pengertian dan Tokoh Aliran Kalam Khawarij Serta Sejarah Awal Kemunculannya

Aliran Kalam khawarij


sekte khawarij

Dalam pelajaran atau mata kuliah ilmu kalam tidak akan pernah terlepas yang namanya aliran atau sekte. Salah satu sekte yang nantinya akan kalian pelajari yang paling dasarnya yaitu sekte atau aliran khawarij, syi'ah, murji'ah, mu'tazilah dan lainnya.

Karena banyaknya sekte-sekte tersebut, disini akan saya bahas satu persatu sesuai yang sudah saya rangkum, yang dijelaskan oleh dosen dan yang saya diskusikan bersama teman-teman.

Sekte atau aliran ilmu kalam pertama yang akan saya jelaskan yaitu aliran khawarij. Perlu diketahui, khawarij itu sekte ya, bukan tokoh. Aliran ini berdampingan dengan aliran kalam murji'ah

Pengertian Aliran Khawarij


Khawarij adalah aliran atau sekte yang memiliki anggapan bahwa orang-orang yang terlibat abritaset/tahkim adalah kafir. Menurut mereka kafir adalah dosa besar dan pendosa besar itu wajib dibunuh. 

Aliran khawarij ini mudah mengkafirkan pemerintahan pada saat itu, mudah mengkafirkan orang-orang islam yang tidak sependapat dengan aliran mereka. Jadi, kalau ada orang islam yang pikirannya tidak sejalan dengan mereka, bisa jadi orang tersebut dibunuh oleh aliran ini. Sadis memang.

Sejarah Awal Kemunculan Aliran Khawarij


Jika membahas 'sejarah' pasti banyak versinya, banyak sejarawan yang berbeda pendapat mengenai masalah sejarah dari sesuatu. Namun, penjelasan kali ini saya akan memberikan sedikit info mengenai sejarah awal kemunculan sekte khawarij dari bukunya Bapak Rosihon Anwar dan Bapak Abdul Rozak.

Dalam bukunya yang berujudl ILMU KALAM, saya sudah merangkumnya.
Sejarah awal kemunculannya yaitu ketika terjadi abritase atau tahkim pada perang Shiffin antara kelompok khalifah Ali bin Abi Thalib dan kelompok Muawiyyah bin Abu Sofyan. Silahkan Baca disini Sejarah Ilmu kalam.

Pada saat terjadi abritase, mereka yang terlibat dalam perang berkumpul di suatu tempat, tempat tersebut dinamakan bukit harura. Dalam abritase tersebut, ada yang menolak perjanjian dan ada juga yang menerima perjanjian tersebut. Ada kelompok yang menyesal atas keputusan khalifah Ali menerima perjanjian tersebut, dan pada akhirnya khalifah Ali tertipu oleh kelompok Muawiyyah yang mengangkat khalifah Ali sebagai penggantinya.

Kelompok yang tidak menerima atau menyesal atas keputusan khalifah Ali, mereka memisahkan diri , mereka keluar dari pasukan Ali ketika pada saat itu berada suatu bukit yang bernama bukit harura maka dinamakan khawarij,

Tokoh Aliran Khawarij


  1. Abdullah bin Wahab ar-Rasyibi
  2. Abdullah al-Kiwa

Doktrin-doktrin Aliran Khawarij


Doktrin-doktrin ini terbagi menjadi 3, yaitu:
  • Doktrin politik
  • Doktrin Teologis
  • Dan doktrin Sosial

Doktrin Politik:


  1. Khalifah/imam harus dipilih secara bebas oleh seluruh umat islam
  2. Khalifah tidak harus dari keturunan bangsa Arab
  3. Setiap orang muslim berhak menjadi khalifah, asalkan sudah memenuhui syarat
  4. Khalifah dipilih secara tetap/permanen, selama yang bersangkutan tetap adil dan menjalankan syari'at islam. Jika khalifah tersebut melakukan kedzaliman, makan harus dibunuh
  5. Khalifah sebelum Ali, yaitu Abu Bakar, Umar bin Khaththab dan Utsman bin 'Affan adalah sah  namun pertengahan kepemimpinan utsman bin 'affan adalah tidak sah.
  6. Khalifah Ali adalah sah, namun setelah tahkim, ia dianggap menyeleweng.
  7. Mu'awiyyah, Amr al-Ash dan Abu Musa al-Asy'ari dianggap menyeleweng dan dianggap kafir.
  8. Pasukan yang terlibat perang jamal juga dikatakan kafir.


Doktrin Sosial:


Melakukan amar ma'ruf dan nahi mungkar

Doktrin Teologis:


  1. Seseorang yang berdosa besar adalah kafir, sudah bukan mukmin lagi karenanya harus dibunuh. Aliran ini menganggap bahwa orang islam tidak lagi mukmin, disebabkan tidak mau membunuh orang islam lainnya yang telah dianggap kafir.
  2. Setiap muslim harus berhijrah dan bergabung dengan golongan mereka. Apabila muslim tersebut tidak mau bergabung, maka wajib diperangi karena hidup didalam negara musuh, Sedangkan bagi khawarij, mereka hidup didalam negara islam.
Sekian penjelasan singkat mengenai Pengertian Khawarij, Sejarah Awal Kemunculan, Tokoh dan Doktrin-doktrinnya. Semoga bermanfaat.

Jika dalam artikel ini terdapat kesalahan kata atau kesalahan informasi, mohon segara hubungan admin, agar segera diperbaiki. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Tokoh Aliran Kalam Khawarij Serta Sejarah Awal Kemunculannya"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Yang Sopan. Mohan Maaf Dilarang SPAM dan SARA.